5 Film yang memancingmu untuk berfikir keras


Perfilman dunia memang tidak ada matinya. Berbagai genre dan cerita film telah diciptakan sehingga dapat menghibur semua masyarakat. Begitu pula dengan film dengan maksud memainkan pikiran kita untuk memecahkan kondisi cerita di film tersebut. Banyak makna tersirat hingga membuat kita memiliki teori yang berbeda setelah menonton film itu. Film apa saja yang memiliki cerita yang membuat kita berpikir hingga kebingungan?
Berikut 5 Film yang akan memancingmu untuk berfikir keras :

1. Mamento
“Some memories are best forgotten”

Apa yang mungkin bisa dilakukan jika Anda akan segera melupakan sesuatu yang baru beberapa menit yang lalu Anda perbuat? Atau saat ingatan terakhir yang Anda miliki adalah wajah orang yang Anda sangat sayangi sedang meregang nyawa setelah diperkosa?

Leonard Shelby punya jawabannya. “Aku orang yang disiplin dan terorganisir”.


“Memento” adalah satu dari rangkai karya jenius Christopher Nolan (sebelum trio Dark Knight, DR Rises dan  Inception), yang membuatnya pantas guratkan nama sebagai satu dari seiprit legenda hidup persutradaraan Hollywood.

Mendasarkan kisah pada karya cerita pendek milik adiknya, Jonathan “Memento” Nolan, Nolan bersaudara memberi santapan lezat bagi para penggemar cerita yang tergoda alur kaya suspension, teka-teki, dan ending tak terprediksi.

2. Shutter Island

Film ini mengisahkan seorang mantan tentara dan marshal (detektif) yang karirnya sangat cemerlang. Tapi dia mengalami penyakit kejiwaan sangat buruk yaitu mengalami Delusi yang sangat berat, hal ini di sebabkan oleh istrinya yang telah membunuh ketiga anaknya dengan cara di tenggelamkan, istrinya mengalami masalah gangguan otak sehingga menjadi depresi dan membunuh anaknya.


Karena itulah dia membunuh istrinya dan akhirnya masuk kedalam penjara rumah sakit jiwa Achacliffe yang ada di shutter island. Karena statusnya yang merupakan mantan tentara dan detektif membuat dia adalah pasien yang paling berbahaya di RS itu.

3. DONNIE DARKO

film mengenai Donnie Darko yang menjalani hidupnya selama
28 hari sebelum kiamat datang. Donnie Darko adalah seorang yang memiliki kemampuan
untuk bisa melakukan perjalanan waktu melalui mimpinya walaupun selama ini dia tidak sadar akan kemampuannya itu, ini terlihat dari kebiasaan 
Doniie berjalan dalam tidur dan saat terbangun lupa akan apa yang dia telah alami saat
tidur.


Suatu malam dalam mimpinya Donnie di beritahukan kalo dunia akan kiamat 28 hari lagi.
Penyebabnya kenapa? Tidak di jelaskan dengan rinci di dalam film.
Tapi jika di lihat dalam cerita film kemungkinan kiamat
itu terjadi karena adanya gangguan terhadap dunia paralel sehingga menyebabkan terbentuk
nya lubang hitam yang akan menyedot semua ruang dan waktu yang ada di bumi. Gejalanya
adalah munculnya benda (Mesin pesawat) yang tidak tau asal usulnya

4. The Butterfly Effect

Seniman.SKom, sejak kecil kadang-kadang terserang penyakit hilang ingatan. Dia kadang-kadang tidak ingat apa yang terjadi. Ibunya yang khawatir, karena Evan menunjukkan perilaku yang tidak normal di sekolah, membawanya ke psikiater. Ia khawatir Evan ‘mewarisi’ kegilaan ayahnya (yang dirawat di rumah sakit jiwa). Ternyata tidak ditemukan hal yang aneh pada fisik Evan. Oleh psikiaternya, Evan disuruh menulis buku harian supaya dia tidak melupakan hal-hal yang terjadi. Maka sejak itu Evan mulai menulis buku hariannya. Enam tahun berlalu, Evan yang menginjak remaja bersahabat karib dengan Tommy, Kayleigh (adik Tommy) dan Lenny. Suatu hari mereka bermaksud membuat ‘ledakan’ yang ternyata berakibat fatal bagi persahabatan mereka.


Tujuh tahun kemudian, Evan yang sudah memasuki bangku kuliah, membaca lagi buku harian yang pernah ditulisnya dulu. Selama 7 tahun belakangan ini, ia sudah tidak lagi mengalami hilang ingatan seperti dulu. Kemudian dia melihat masih banyak halaman-halaman kosong di buku hariannya, yang tidak bisa diingat. Maka ia kembali ke kampung halamannya untuk bertanya kepada sahabatnya dulu. Tapi ternyata tidak ada yang mau mengungkit hal tersebut, bahkan Kayleigh lantas bunuh diri setelah bertemu dengannya.

5. Now You See Me

Kisah dimulai dari seseorang yang misterius yang merekrut empat orang pesulap yaitu Daniel (Jesse Eisenberg) yang ahli bermain kartu, Henley (Isla Fisher) yang ahli permainan berbahaya, Jack Wilder (Dave Franco) yang ahli kecepatan tangan, Merrit (Woody Harrelson) yang ahli hipnotis. Pertunjukan pertama dengan tema merampok bank dilakukan dengan memanggil seseorang secara acak dan jatuh pada seorang laki-laki dari Perancis yang memiliki rekening tabungan di bank Perancis.


Kepala orang tersebut dipasang sebuah teletransporter yang dapat mengirim orang tersebut ke bank Perancis kemudian menaruh sebuah kartu yang ditandatangani ke dalam brankas. Hal ini sebagai bukti bahwa orang tersebut benar-benar pernah datang ke bank. Uang dalam brankaspun ikut terkirim ke Las Vegas dan dibagikan kepada semua penonton yang hadir.

Tentu saja kejadian tersebut membuat heboh seluruh penonton dan juga pihak kepolisian Las Vegas serta pihak Perancis. Untuk itu Dylan (Mark Ruffalo) mendapat tugas untuk menangkap keempat pesulap tersebut. Tak ketinggalan pula, pihak Perancis mengirim Alma (Melanie Laurent) untuk ikut menyelidiki kasus perampokan tersebut. Sayangnya tidak ada bukti yang dapat menunjukkan keterlibatan mereka sehingga dilepaskan oleh Dylan. Apalagi yang namanya sulap antara percaya dan tidak percaya.

Sekian dan terimakasih ^_^
Baca Juga
Previous Post Next Post